Dampak Buruk Penggunaan Softlen

Dampak Buruk Penggunaan Softlen

bahaya softlen

Dampak Buruk Penggunaan Softlen ~ Berikut Artikel ini kami sajikan untuk anda para pencinta softlen atau yang sering menggunakan softlen, perlu di ketahui bahwa penggunaan softlen tidak hanya untuk bergaya saja, tapi ketahui dampak buruk nya, berikut kami berikan informasi bagi anda pengguna softlen.

Kenali Dampak Buruk Penggunaan Softlen

1. Menyebabkan Kekeringan pada Mata

Penggunaan softlens dapat menyebabkan kekeringan pada mata. Oleh karena itu, air dalam mata haruslah tercukupi karena bisa mengakibatkan dehidrasi. Hal ini akan menyebabkan ditariknya air mata oleh softlens sehingga mata menjadi kering. Solusinya, Anda bisa memilih softlens yang memiliki kadar air tinggi agar mata tetap lembab, serta selalu menyiapkan tetes mata khusus penggunaan softlens.

2. Menghalangi Masuknya Oksigen

Pemakaian softlens akan menghalangi masuknya oksigen ke dalam kornea mata, karena softlens menutupi kornea. Bila digunakan dalam jangka waktu lama, kornea akan mengalami kekurangan oksigen. Akibatnya, sel-sel epitel pada kornea tidak dapat beregenerasi dengan normal dan menjadi tidak sehat yang menyebabkan bengkak, keruh, kusam, dan kornea bisa menebal. Sel-sel yang kekurangan oksigen pun akan mengalami penurunan daya tahan terhadap invasi kuman sehingga menyebabkan infeksi pada mata.

Solusinya, gunakan softlens tak lebih dari delapan jam setiap harinya, hindari debu masuk ke dalam mata secara berlebihan dan setelah softlens dilepas, teteskan mata dengan obat tetes agar tidak iritasi. Selain itu, saat hendak tidur jangan lupa melepaskan softlens.

3. Bersifat Alergenik

Softlens bisa menimbulkan reaksi alergi pada penggunaan jangka panjang. Alergi memang tidak terjadi pada awal pemakaian saja. Nah, hal ini lah yang umumnya luput dari perhatian si pemakai. Sel pada mata yang dipapar dengan alergen akan merespons dengan membentuk antibodi. Saat antibodi masih sedikit, antigen+antibodi belum menimbulkan alergi. Ketika antibodi sudah memperbanyak diri barulah terjadi reaksi alergi.

Apabila terjadi alergi maka reaksi awal adalah mata yang terasa gatal, seperti ada yang mengganjal di belakang kelopak mata. Setelah itu umumnya akan timbul benjolan-benjolan kecil pada mata sehingga akan menyebabkan softlens bergeser pada saat dipakai. Jika ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter agar tidak ada dampak buruk berkepanjangan.

Kami Sarankan untuk anda para pengguna Softlen untuk lebih mengatur penggunaan nya, dan mengkonsumsi suplemen kesehatan mata anda sebagai pencegahan penyakit, Yaitu Eye Care Softgel silahkan baca selengkap nya DISINI

Leave a comment